BKN Rilis Sistem Informasi Kepegawaian Berbagi Pakai Secara Nasional

Oelamasi РDilatarbelakangi oleh kondisi data Aparatur Sipil Negara yang belum terintegrasi karena dikelola dan dikembangkan oleh masing-masing instansi, BKN terus melakukan penataan data dan Sistem Informasi Kepegawaian untuk mewujudkan Satu Data ASN sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Hal ini disampaikan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian 2021, yang digelar pada hari Kamis 1 Juli 2021 di Denpasar Bali.

Terkait penataan tersebut BKN memulai dengan membangun sistem aplikasi induk kepegawaian yang disebut Sistem Informasi ASN (SIASN) yang telah dirilis pada Desember 2020 dan pemutakhiran data mandiri oleh setiap ASN melalui MySAPK yang akan dimulai Juli – Oktober 2021.

Selanjutnya akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (Simpegnas), yakni sistem aplikasi pengelolaan data ASN berbagi pakai untuk seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, sehingga pengelolaan data akan langsung terhubung dengan database nasional yang dikelola BKN.

Sumber : www.bkn.go.id